Pada dasarnya multicopter adalah rotorcraft atau di indonesia lebih suka disebut helicopter yang memiliki dua atau lebih motor / baling-baling. Mekanisme atau cara bekerja multicopter cenderung lebih sederhana dibanding dengan single atau double rotor helicopter yang memakai mekanisme variable pitch rotors
![]() |
Contoh variable pitch rotors |
Oke kembali lagi, Multicopter biasanya menggunakan fixed-pitch blades atau baling-baling fix yang tidak dapat dirubah kemiringannya, walapun saat ini ada sih multicopter yang memakai variable pitch rotors, biasanya untuk speed racing multicopter.
![]() |
Contoh Multicopter / Quadcopter speed racing yang memakai mekanisme variable pitch rotors |
Nah cara menggerakan Multicopter yaitu dengan memvariasikan kecepatan antar motor / baling-baling. Jadi misalnya anda mempunyai Quadcopter dan ingin maju kedepan, dua buah motor / baling-baling yang berada didepan akan lebih pelan berputarnya dibandingkan dua motor belakang. Begitu pula jika anda ingin berputar, salah satu motor akan berputar lebih pelan dibandingkan dengan ketiga motor lainnya. Ini hanyalah contoh simple nya, cara kerja nya mungkin jauh lebih rumit dibanding dengan paparan saya diatas.
Cara kerja diatas hanya berlaku Quadcopter, Hexacopter, Octocopter, (dan seterusnya). Untuk Tricopter ada sedikit perbedaan, anda membutuhnya pitch control pada motor belakang untuk bergerak memutar kiri kanan (YAW).
Bingung kok segala ada Tricopter, Quadcopter, Hexacopter, Octocopter? Eits jangan bingung dulu, multicopter banyak jenis nya yuk kita bahas dibawah dulu.
Tricopter
Seperti namanya, Tricopter memakai 3 buah motor / baling-baling, berikut adalah contoh gambar Tricopter![]() |
Tricopter Y Frame |
![]() |
Tricopter Y Frame |
![]() |
Tricopter T Frame |
![]() |
Foldable Tricopter Y Frame |
Tidak seperti multicopter lainnya, Tricopter membutuhkan pitch control pada motor belakang untuk bergerak memutar kiri kanan (YAW Mechanism) dengan munggunakan Servo.
![]() |
Tricopter Yaw Mechanism |
![]() |
Tricopter Yaw Mechanism |
Dengan menggunakan Yaw Mechanism seperti ini, Kelebihan Tricopter sangat lincah untuk Yaw / Berputarnya.
Kalo bingung apa itu Yaw Mechanism, secara sederhana motor yang belakang dapat ke kanan dan ke kiri bergerak menggunakan servo.
Yaw Mechanism, motor dapat bergerak kiri dan kanan |
![]() |
Servo |
Kekurangan? karna hanya 3 motor, tentu beban yang dapat dibawa oleh tricopter sangat terbatas dibanding multicpter jenis lain. dan untuk yang ingin aerial photography maupun videography menggunakan gimbal brushless, tricopter tidak disarankan karna kurang stabil dibanding yang lain.
Jujur, saya belum pernah merakit Tricopter karena kendala Yaw Mechanism nya yang menurut saya lebih rentan rusak saat crash dan tentu lebih rumit pengerjaannya. Tapi kalau ada yang mau request untuk saya membuat LOG / Artikel merakit Tricopter (minimal 10 request yah hehe), saya akan membuat dengan senang hati. Silahkan tulis komentar kamu pada kolom komentar dibawah untuk request ;)
Oke segini dulu, selanjutnya saya akan bahas Quadcopter, Hexacopter, hingga Octopter pada Artikel selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar